Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 83
Pengunjung Bulan ini : 349
Total Pengunjung : 2715

Produk Unggulan

Peternakan


Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Pengertian peternakan tidak terbatas pada pemeliharaaan saja, memelihara dan peternakan perbedaannya terletak pada tujuan yang ditetapkan. Kegiatan peternakan yang dilakukan oleh warga desa Wajak meliputi :

a. Sapi Perah

Di peternakan ini terdapat 9 sapi  yang dipelihara. Sapi akan diambil susunya setiap 2 kali sehari pagi dan sore. Untuk di pagi hari dapat menghasilkan hingga 50 liter susu dan sore dapat menghasilkan 38 liter susu perharinya. Sapi perah ini sudah dipelihara dari kecil hingga siap memproduksi susu. Peternakan sapi perah ini sudah dimulai sejak tahun 1989. Proses perah pun sudah menggunakan mesin otomatis jadi tidak perlu memerah menggunakan tangan lagi. Limbah kotoran sapi ini dijadikan biogas ada beberapa kendala yang didapatkan seperti kendala apabila proses kelahiran sapi gagal maka induk dan anaknya dapat meninggal.

b. Ayam Petelur

Ide ternak ayam petelur ini dimulai dari meniru usaha teman-teman dan usaha ini dimulai dari 2 tahun yang lalu. Ayam dipelihara dari kecil hingga dapat menghasilkan telur dan makanannya pun tidak sembarangan yaitu pakan campuran jagung, katul dan sentrat. Ayam rata-rata dapat bertelur dari usia 5 bulan hingga 2 tahun setengah. Pengambilan telur dari kandang rata-rata sehari bisa 2-3 kali, Mayoritar telur dijual ke para pengepul. Kendala utamanya dalam menjalankan usaha adalah kesehatan dari ayam tersebut.


Share :