Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 84
Pengunjung Bulan ini : 350
Total Pengunjung : 2716

Produk Unggulan

Kerajinan


POTENSI KERAJINAN DESA WAJAK

a. Pengrajin Tampah Bambu

Biasanya digunakan untuk menampih beras. Bahan baku utamanya yaitu, dari bambu yang didapatkan dengan mudah di lingkungan sekitar desa dan diproduksi secara home industri. Tampah juga dijual sendiri secara eceran dan sebagian juga dijual ke para pedangang kecil, tampah bambu buatan pengrajin desa wajak ini sudah dikirim hingga berbagai daerah Indonesia. Butuh ketrampilan khusus untuk dapat menganyam bambu dan merangkai hingga menjadi tampah.

b. Pengrajin Tikar Mendong dan Tali Mendong

Diproduksi secara home industri, bahan baku utama tikar terbuat dari mendong atau bisa kita sebut juga tanaman mendong. Dalam membuat tikar mendong, para penduduk desa bekerja sama dengan cara membagi pengerjaan tiap tahapnya dari awal menanam mendong, pewarnaan, penganyaman, hingga proses penjahitan. Penjualan tikar mendong ini dipasarkan sampai beberapa daerah di Indonesia, ada juga yang diambil secara borongan oleh pedagang-pedagang. Untuk tali mendong sebagai berikut.

  • Bahan baku utamanya adalah tanaman mendong
  • Lama produksi tergantung ukuran, rata-rata 3 hari
  • Jam produksinya fleksibel, disesuaikan dengan para pekerja
  • Kegunaannya bermacam-macam: ada yang untuk kursi, lemari, dll. Tapi kebanyakan digunakan untuk membuat bahan kerajinan seperti tas, lampu, dll
  • Rumah produksi dibagi 3 lokasi
  • Dijual per kilo sesuai ukurannya
  • Dikirim hingga berbagai daerah di indonesia

c. Pengrajin Tirai Bambu

Tirai bambu ini diproduksi secara homemade, untuk sementara waktu masih dihandle sendiri karena butuh ketrampilan khusus untuk dapat membuatnya dan lama pengerjaan 3 hari - 1 minggu. Yang diutamakan pesenan warga kampung dan juga menerima pesanana dari berbagai daerah di Indonesia harganya kisaran 70 rb/meter.

d. Pengrajin Tikar Lipat 

Pengrajin tikar lipat memproduksi tikarnya dengan cara membagi-bagi tugas kepada pekerja yang lain. Ada yang pewarnaan sendiri, ada yang bagian menenun sendiri, ada yang bagian menjahit sendiri, dll. Tikar lipat ini diproduksi dengan panjang dan lebar sekitar 2-3 meter, harganya pun 70rb/pcs.

e. Pengrajin Perak

Kerajinan perak ini diproduksi secara handmade hasilnya seperti anting, gelang, kalung dan cincin. Make by order, jadi mereka memproduksi pesanan dengan menunggu pesanan dulu dari para pelanggannya dengan adanya pandemi ini sementara pengrajin perak sudah libur selama 3 bulan. Pesanannya pun sudah sampai luar negeri dan pengerjaan 1-3 hari tergantung tingkat kerumitan pengambilan bahan utama perak dari bali, malang, pasuruan tergantung kualitas yang diminta oleh para pelanggan, harganya kisaran 20rb/gram.

 


Share :